Tugas Jurnalistik PKMU

Assalamu'alaykum
Jakarta, Sabtu 17 April 2015. Panitia Pelatihan Kepemimpinan Universitas (PKMU) mengadakan pra 1 di kampus D Halimun. Kegiatan ini dibuka oleh Septian Wijaya selaku MC pada hari itu dengan basmallah. PKMU adalah pengkaderan mahasiswa di tingkat unviersitas, sehingga mahasiswa yang menjadi peserta PKMU dapat mengubah mindsetnya bahwa PKMU bukan seperti pengkaderan yang ada di jurusan maupun fakultas,” kata Septian. Peserta PKMU yang ada sekitar 90. Mereka dengan khidmat mendengarkan saat dibacakan ayat suci Al- Quran yg berkaitan tentang amanah yg Allah embankan pada pundak manusia yg pahadal gunung, langit dan lautan pun enggan untuk menerimanya. Lagu Indonesia Raya dan Totalitas Perjuangan tidak lupa di kumandangkan pada kegiatan ini. Linda sebagai dirijen saat mengomandoi peserta waktu itu sangat semangat. Hal ini berdampak ke Peserta PKMU yang menjadi semangat dalam menyanyikannya. Kata Hidup Mahasiswa, Hidup Rakyat Indonesia pun sempat di teriakan yang diawali oleh Linda dan diikuti oleh peserta.

Kemudian dilanjutkan agenda pada PKM UNJ 1ini dengan materi yang dibawakan oleh Defrizal Siregar (Keuta BEM UNJ 2003) dengan materi yang bertemakan "Manajemen Isu". Pembicara tidak serta merta langsung menjelaskan mengenai apa itu manajemen isu, tetapi Ka defrizal membawakan nya dengan memberi tugas kepada peserta untuk membuat kelompok dan berdiskusi tentang manajemen isu itu sendiri yang kemudian akan dipresentasikan oleh setiap kelompok.

Dengan pembawaan yg sangat berenergi, mambuat para peserta PKMU menjadi bersemangat mengikuti rangkaian pra 1 ini. Kemudian untuk lebih menantang, Ka Defrizal memberikan sebuah “stimulant” kepada para peserta yg bisa menjawab soal, beliau beri hadiah. Karenanya para peserta antusias untuk menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yg beliau ajukan.

Beliau menuturkan, "Seorang manusia harus punya konsep dalam mengelola masalah-masalah dalam hidupnya. demikian pun dalam menanggapi isu-isu yang berkembang dalam masyarakat. karena dari isu tersebut, kita dapat menarik benang merah, yaitu : Peluang, Reduksi, dan Potensi.

Manajemen isu adalah suatu pengelolaan kejadian/kabar terkini yang dikaji dengan melihat kebermanfaatan untuk masyarakat banyak dan dicarikan solusinya, kata salah satu peserta PKMU. Menurut Bang Def, manajemen isu ada beberapa tahap yaitu identifikasi, dimana dalam mengidentifikasi pembahasan isu jangan dilakukan sendiri juga di klasifikasi isu tersebut termasuk isu peluang, reduksi maupun potensi. Setelah identifikasi, kita action plan, dimana hal ini menentukan langkah selanjutnya dan menggunakan media sosial untuk membangun opini publik. Beliau juga menyarankan buat tim intel dengan 2 posisi yaitu menyerang dan bertahan.

Kemudian, berlanjut ke materi kedua yang dibawakan oleh Adam Ilham (Sekjen DPP Pemuda Lumbung Informasi Rakyat). Dalam materinya, rekayasa sosial adalah menipu dengan cara halus. Bagaimana masyarakat itu dipengaruhi oleh sesuatu yang tidak sesua dengan realitas. Seperti hal nya kasus, konflik NAZI dengan Yahudi. Dengan kekejaman Hitler dan sikapnya yang fundamental ia meminta hak atas wilayah kekuasaan.

Kegiatan PKMU pun berakhir pada pukul 17.45 dan kegiatan di tutup dengan bacaan hamdallah dan do’a. Mc pun menutup kegiatan dan peserta dibubarkan. Teriakan hidup mahasiswa, hidup rakyat Indonesia sebagai akhir kegiatan ini.
-Dewi Fitriyani-

Comments

Popular posts from this blog

Peran ICT pada Abad 21: ICT sebagai Agen Perubahan untuk Pendidikan